Kategori
Academics Featured STIE Student

Panduan Pelaksanaan Ujian Skripsi Online STIE BISMA LEPISI TA 2019/2020

Prosedur Persiapan Ujian Skripsi secara Online

Prosedur Ujian Skripsi secara online dilaksanakan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Mahasiswa mendaftar ujian skripsi, syarat pendaftaran ujian skripsi bisa diunduh melalui tautan https://lepisi.ac.id/wp-content/uploads/2020/07/Formulir-Pendaftaran-Sidang-Skripsi-STIE-1.pdf. Berkas syarat ujian skripsi yang telah dilengkapi oleh mahasiswa dikirim melalui email stie@lepisi.ac.id, dan mahasiswa konfirmasi kepada Biro Administrasi Akademik bahwa sudah mengirimkan persyaratan ujian skripsi melalui WA.
  2. KETUA menentukan dewan penguji.
  3. Kaprodi membuat undangan melalui aplikasi Zoom Meeting.
  4. Biro Administrasi Akademik akan menghubungi mahasiswa mengenai nama dosen penguji dan jadwal ujian skripsi melalui grup WA .
  5. Mahasiswa kemudian mengirim naskah dalam bentuk PDF melalui email kepada masing-masing dosen penguji. Dalam hal penguji menghendaki laporan bentuk fisik (harcopy), maka mahasiswa diminta untuk mengirimkan laporan tersebut ke kampus.
  6. Biro Administrasi Akademik menghubungi dosen penguji untuk memberikan file rekapitulasi perbaikan skripsi, file nilai ujian skripsi, file rekapitulasi nilai ujian skripsi dan daftar hadir mahasiswa sidang melalui email/WA

Tatacara Sidang Ujian Skripsi secara Online

  1. Kaprodi membuka room Zoom Meeting (dapat menjadwalkan sehari sebelum pelaksanaan dengan Google Calendar atau langsung pada saat Ujian) dan mengundang Dosen Penguji yang lain untuk bergabung.
  2. Apabila tiba waktu ujian sesuai jadwal, dewan penguji dan mahasiswa telah siap dan mengenakan pakaian resmi seperti ketika ujian non-online. Usahakan berada di ruangan tertutup dengan pencahayaan yang cukup dan tidak terganggu suara dari luar.
  3. Dewan penguji mengadakan sidang persiapan ujian.
  4. Setelah sidang persiapan selesai, salah seorang penguji mengundang mahasiswa ke dalam room Zoom Meeting.
  5. Apabila semua telah siap, anggota penguji mengaktifkan mode rekam (record) pada aplikasi Zoom Meeting.
  6. Ketua penguji membuka sidang dan memberikan pengarahan.
  7. Mahasiswa mempersiapkan diri dan mulai presentasi dengan fitur Present Now dan menampilkan jendela (window) Powerpoint-nya. Tampilan webcam dari dewan penguji dapat dinonaktifkan selama presentasi mahasiswa dan fokus (pin) pada tampilan presentasi. Presentasi mahasiswa maksimal 10 menit.
  8. Setelah mahasiswa selesai presentasi, mode presentasi dinonaktifkan dan semua tampilan webcam diaktifkan. Mahasiswa bersiap mencatat pertanyaan dan masukan dari dewan penguji sambil membuka laporan skripsinya.
  9. Dewan penguji secara bergantian memberikan pertanyaan atau masukan kepada mahasiswa berdasarkan berkas laporan PDF atau hardcopy yang telah dikirimkan sebelumnya.
  10. Setelah selesai tanya jawab, mahasiswa diminta leave meetingoleh Ketua Sidang. Rapat Dewan Penguji berdiskusi menentukan nilai ujian sidang.
  11. Setelah penilaian selesai, Ketua Penguji tulis message atau call via WA ke mahasiswa untuk join Zoom Meeting lagi. (MAHASISWA TIDAK BOLEH MENINGGALKAN ZOOM MEETING KARENA SETELAH PENGUJI SELESAI, MAHASISWA HARUS JOIN MEETING LAGI).
  12. Ketua Penguji mengumumkan nilai dan kelulusan mahasiswa, serta menginformasikan revisi yang harus dilakukan.
  13. Sidang selesai, Ketua Penguji meminta mahasiswa leave meeting.

Panduan untuk Mahasiswa

  1. Silakan konsultasi dengan dosen pemimbing untuk penjadwalan ujian online Anda.
  2. Apabila Anda telah mendapatkan jadwal Ujian secara Online, silakan Anda segera kirim laporan Skripsi dalam bentuk 1 berkas PDF lengkap dari awal sampai akhir. Cantumkan nomor halaman dan nomor lampiran yang urut dan benar pada laporan Anda. Kirimkan berkas Anda tersebut ke alamat email semua dosen penguji.
    Catatan: Apabila dosen penguji menginginkan untuk mengevaluasi laporan Anda dengan hardcopy, silakan Anda gandakan laporan Anda dan kirimkan ke kampus. Anda juga sebaiknya mempunyai 1 eksemplar laporan bentuk hardcopy dan menyiapkannya di samping Anda ketika ujian online berlangsung.
  1. Sebelum hari H ujian Anda, silakan berlatih dahulu untuk mempresentasikan laporan Skripsi Anda. Siapkan presentasi yang akan Anda presentasikan, ambil intisari dari laporan Anda. Presentasi Anda harus dapat selesai maksimal 10 menit.
  2. Mahasiswa disarankan menggunakan laptop atau komputer PC Desktop untuk presentasi saat ujian nanti. Zoom Meeting dapat diakses dengan smartphone, namun tidak ada menu untuk presentasi.
  3. Mahasiswa sangat disarankan untuk berlatih terlebih dahulu mempresentasikan tugas akhirnya.
  4. Demi kelancaran acara ujian, sebaiknya mahasiswa mengupayakan koneksi internet yang stabil.
  5. Silahkan cek WA/email Anda untuk undangan pelaksanaan ujian. Undangan tersebut memuat informasi tanggal dan waktu pelaksanaan, berikut daftar peserta ujian Anda.
  6. Jangan lupa untuk mengenakan pakaian sesuai ketentuan Ujian Skripsi.
  7. Masuk room meeting dengan memberi salam kepada Dewan Penguji. Silakan mengkonfirmasikan kepada Dewan Penguji apakah suara dan tampilan video Anda dapat diterima dengan baik.
  8. Setelah dipersilahklan oleh Ketua Penguji, silahkan Anda presentasikan powerpoint yang merupakan intisari laporan Anda, dengan waktu maksimal 10 menit. Jangan lupa untuk mengkonfirmasikan apakah dewan penguji dapat melihat tampilan presentasi Anda dengan baik.
  9. Ketika presentasi/tanya jawab video dibuka menampilkan penampakan wajah setengah badan (tidak hanya muka saja).
  10. Setelah Anda selesai presentasi, Dewan Penguji akan memberikan tanggapan, pertanyaan ataupun masukan untuk skripsi Anda. Siapkan skripsi Anda dan jawablah pertanyaan yang diajukan berdasarkan laporan tersebut atau buku-buku referensi yang Anda gunakan.
  11. Ujian dinyatakan selesai apabila Ketua Penguji telah menutup meeting.
  12. Setelah ujian sidang selesai, mahasiswa segera memperbaiki/merevisi skripsi sesuai masukan dari para penguji. Setelah direvisi agar dituliskan juga rekapitulasi dalam form revisi.