Tips Penting Skripsi/Tugas Akhir

05 Feb 2018

Skripsi merupakan salah satu dari SKS mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa agar mendapat gelar kesarjanaanya, namun

para mahasiswa banyak yang kesulitan menuangkan pemikirannya dalam bentuk tulisan dan banyak juga yang menunda kelulusannya karena skripsi belum selesai.

Berikut adalah beberapa tips agar lancar dalam mengerjakan skripsi:

1. Tentukan Topik Sedini Mungkin

Begitu menginjak semester 6 (saat metodologi penelitian) sebaiknya kamu sudah memiliki gambaran mengenai konten apa yang akan kamu bahas nanti, dengan demikian kamu punya waktu yang cukup panjang dalam menyiapkannya.

2. Terima Dospem Dengan Senang Hati

Jika kamu mendapatkan “dosen killer” sebagai dospem, jangan kecewa hingga menangis. Yang sebaiknya kamu lakukan adalah menjalin kedekatan dengan calon pembimbing skripsi, kamu dapat mengawali dengan sekedar bertanya seputar topik skripsi yang kamu ingin tulis. tapi karena beliau telah berumah tangga jadi harus ingat batasan ya!

3. Ambillah Topik Skripsi yang Kamu Suka dan Kuasai

Jangan sampai kamu memilih topik yang sama sekali tidak kamu suka dan kuasai, karna ini akan mempengaruhi mood saat menyusun skripsi nanti. Ibarat milih pasangan, jika salah pilih ya jalaninnya akan berat.

4. Ukurlah Kemampuan Kamu

Terlalu idealis dalam menentukan topik skripsi biasanya tidak menguntungkan loh, pilih topik skripsi yang menurut kamu ringan untuk dikerjakan. Jangan sampai karena ambisi untuk mengejar topik skripsi yang sedang trend namun anda tidak memiliki modal yang cukup, modal untuk mengerjakan skripsi dengan cepat adalah kemampuan berfikir, minat dan komitmen.

5. Planning

Buatlah jadwal dengan jelas, targetkan berapa kali kamu harus ketemu dospem dan minggu keberapakah kamu harus menyelesaikan bab demi bab. Jika kamu tidak memiliki komitmen yang kuat dalam menepati planning yang sudah kamu buat, maka akan menjadi sia-sia. #GakDiseriusinGakEnak

6. Hindari Rasa Malas

Rasa malas adalah rival abadi dalam mengerjakan tugas maupun menyusun skripsi. Biasanya rasa malas muncul ketika kamu terbentur dengan permasalahan yang sulit ditemukan penyelesaiannya, seperti mencari buku referensi yang sulit ditemukan maupun belum menemukan metode yang tepat. Jika menemukan masalah, segera selesaikan agar lancar dalam langkah-langkah berikutnya.

7. Motivasi Diri

Ingat, biaya kuliah tidaklah murah dan tidak semua orang mampu untuk kuliah. Kelulusan anda sangan dinantikan oleh orang tua, sudah waktunya mereka merasakan buah dari bibit yang mereka tanam bukan? Dan yang pasti juga ditunggu kekasih dong.

8. Sharing Dengan Yang Telah Berpengalaman

Pengalaman adalah guru yang terbaik. Para mahasiswa yang lebih senior dapat kamu manfaatkan sebagai sumber informasi terbaik dalam menentukan topik, mengetahui bagaimana beberapa karakter dan cara membimbing mahasiswa oleh dospem. Informasi ini sangat berguna untuk memantapkan dalam pengambilan skripsi.

9. Minta Bantuan Orang Lain untuk Cek Tulisan Kamu

Mintalah teman dekat kamu untuk sekedar memberi masukan terhadap apa yang sudah kamu tulis di dokumen skripsi, kadangkala apa yang kita maksud belum tentu dapat dipahami oleh orang lain.

10. Berusaha dan Berdoa

Berusaha keras adalah kunci dari semua kesuksesan, namun bagaimanapun juga kesuksesan tidak akan terwujud jika tanpa kehendak-Nya. Oleh karena itu jangan lupa untuk selalu berdoa disetiap kesempatan dan mintalah doa kepada orang terdekat untuk kelancaran dalam menjalankan skripsi.

 

Demikian 10 hal yang sebaiknya kamu perhatikan dalam mengerjakan skripsi, semoga tips-tips diatas dapat memberikan pencerahan dan wawasan bagi kamu yang akan berjuang dalam menyusun skripsi.

 

Budika, ex mahasiswa.

 

facebook instagram twitter