Panduan Penulisan Jurnal STIE BISMA LEPISI

13 Sep 2016

Berikut ini adalah panduan penulisan jurnal Akuntansi – Manajemen STIE BISMA LEPISI.

Panduan Penulisan Artikel Berbasis Non Riset dan Berbasis Riset

Redaksi menerima tulisan/naskah dengan bidang kajian akuntansi dan manajemen multiparadigma, sebagai berikut:

  1. Paradigma Positif
  2. Paradigma Interpretif
  3. Paradigma Kritis
  4. Paradigma Posmodern
  5. Paradigma Spiritual/Religius

Naskah dapat berupa:

  1. pemikiran dan/atau kajian kritis mengenai topik akuntansi mutakhir atau
    manajemen (artikel berbasis non-riset),
  2. hasil penelitian empiris (artikel berbasis riset)
  3. review buku baru (hanya atas undangan)
  4. obituary (hanya atas undangan)

ARTIKEL BERBASIS NON RISET

Artikel non riset merupakan artikel yang bersifat konseptual dan lebih menekankan pada argumentasi dan akumulasi pikiran kritis akademis penulis, tetapi tidak didasarkan pada riset serta empiris. Artikel non riset dapat diterbitkan dalam jurnal apabila memiliki Kelayakan Bahan/Ide yang:

  1. relevan dengan ranah ilmu tertentu
  2. informasi, data, maupun rujukan yang digunakan berkecukupan dan mutakhir,
  3. sesuai dengan kepakaran atau minat penulis.

Kriteria penulisan Artikel non riset harus lebih menekankan pada hasil analisis dan pikiran kritis penulis serta bukan sekedar tempelan-tempelan (kolase) bagian-bagian tulisan yang lain. Lebih penting dalam penulisan artikel non riset adalah harus dapat menunjukkan secara utuh dan “unik” positioning atas pendapat atau pendirian penulis. Struktur atau Unsur Artikel non riset meliputi judul, nama penulis, abstrak & kata kunci, bagian pendahuluan, bagian inti, penutup/kesimpulan, dan daftar rujukan.

Berikut ketentuan penulisan masing-masing struktur atau unsur artikel non riset:

  1. Judul artikel/jurnal mencerminkan masalah yang dibahas, memiliki daya tarik (provokatif), bahasa Indonesia maksimal 14 kata, bahasa inggris 12 kata.
  2. Nama penulis tidak mencantumkan gelar akademik/professional, disertai nama dan alamat lembaga asal (ditempatkan di bawah judul), penulis utama mencantumkan alamat/email, jika penulis lebih dari 3 orang, yang dicantumkan hanya penulis utama, dilengkapi dengan dkk. dimana nama penulis lain dimuat di catatan kaki atau catatan akhir.
  3. Abstrak merupakan ringkasan yang ditulis secara padat, menampilkan isu-isu pokok dan alternatif pemecahan, bukan komentar atau pengantar, satu paragraph, 75-100 kata, spasi tunggal, format lebih sempit (menjorok ke dalam), disertai 3-5 kata kunci dan ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  4. Kata kunci merupakan kata/terminology spesifik bidang ilmu yang dibahas dalam artikel, punya makna yang khas dan jelas, terdiri dari 1 kata atau lebih, eksplisit ada dalam judul atau implisit di dalam bahasan, sebaiknya mengacu kepada thesaurus yang relevan.
  5. Pendahuluan memberikan acuan/konteks permasalahan, berisi hal-hal yang menarik, berisi rumusan singkat hal-hal pokok yang akan dibahas, 15-20% panjang artikel, tanpa sub judul.
  6. Pembahasan berupa kupasan, bersifat analitik, argumentatif, logis dan kritis, pendirian/sikap penulis, 60-80% panjang artikel, biasanya dibagi dalam beberapa sub-heading.
  7. Penutup berisi kesimpulan penegasan-penegasan pendirian penulis, saran-saran, 10-15% panjang artikel.
  8. Daftar Rujukan memuat rujukan yang benar-benar disebut dalam tubuh artikel, yang disebut dalam artikel harus masuk ke dalam daftar rujukan, ditempatkan di halaman terakhir artikel (bukan halaman baru), 80% berupa rujukan primer dan mutakhir (maksimal 10 tahun).

ARTIKEL BERBASIS RISET

Sistematika penulisan artikel hasil penelitian empiris (berbasis riset) terdiri dari Judul, Nama Penulis, Abstrak, Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Simpulan dan Saran, serta Daftar Pustaka. Berikut rincian masing-masing:

  1. Judul berbahasa Indonesia tidak lebih dari 14 kata, berbahasa Inggris tidak lebih dari 12 kata. Judul ditulis seluruhnya dengan huruf kapital dan diketik rata tengah (center) serta tebal. Sub Judul diketik rata tengah (center), semua kata diawali dengan huruf besar, kecuali kata penghubung dan kata depan, semua diketik tebal tanpa diakhiri dengan titik. Sub Anak Judul diketik rata kiri dan tebal, hanya kata pertama diawali huruf besar tanpa diakhiri dengan titik.
  2. Nama Penulis ditulis lengkap tanpa gelar, institusi asal penulis dan alamat surat lengkap. Khusus penulis utama wajib menuliskan alamat email.
  3. Abstrak dan kata kunci ditulis dalam dua bahasa (Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia). Masing-masing abstrak antara 75-100 kata, satu paragraf dan diketik satu spasi dengan menggunakan huruf miring/italics. Abstrak minimal berisi judul, tujuan, metode, dan hasil penelitian. Memiliki keywords antara
    3-5 kata.
  4. Pendahuluan berisi permasalahan penelitian, wawasan dan rencana pemecahan masalah, tujuan penelitian, rangkuman kajian teoritik, harapan akan hasil penelitian. Proporsi Pendahuluan 15-20% dari total panjang
    artikel. (Pendahuluan tidak perlu diberi judul).
  5. Metode berisi rancangan atau desain penelitian, sasaran penelitian (populasi, sampel, informan, atau subyek penelitian), teknik pengembangan instrumen atau pengumpulan data, teknik analisis data, dan bersifat naratif. Hipotesis dan rumus penelitian tidak perlu diungkapkan secara formal. Proporsi metode penelitian 15-20% dari total panjang artikel.
  6. Hasil dan Pembahasan berisi hasil (bersih) analisis data berkenaan dengan pertanyaan penelitian, pemakaian table, grafik atau bagan sangat disarankan. Pembahasan terhadap tabel, grafik atau bagan tidak “mengulang-sebut” isi tabel, grafik atau bagan. Pembahasan lebih diarahkan pada deskripsi, eksplanasi dan atau prediksi (paradigma positif), analisis mendalam, pemaknaan simbol dan interpretasi (paradigma interpretif), analisis mendalam dan argumentasi usulan kritis (paradigma kritis), analisis interelasi obyektifitas-subyektifitas mengenai temuan baru yang mungkin (paradigma postmodern), maupun analisis logis, kritis, interelasi obyektivitas-subyektivitas dalam koridor spiritual maupun religius (paradigma spiritual/religius). Pembahasan juga harus mencakup jawaban atas pertanyaan-pertanyaan penelitian, memaparkan logika diperolehnya temuan, serta analisis sesuai paradigmanya masing-masing. Khusus untuk riset positif wajib mengaitkan dengan teori dan atau hasil penelitian yang relevan. Proposi hasil dan pembahasan 40-60% dari total panjang artikel.
  7. Simpulan dan Saran berisi esensi hasil penelitian dan pembahasan, relevan dengan temuan. Untuk penelitian positif dituliskan dalam bentuk butir-butir atau paragraph pendek. Sedangkan penelitian di luar paradigma positif bersifat naratif. Hindari klaim yang terlalu kuat.
  8. Daftar Rujukan hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk, dan semua sumber yang dirujuk harus tercantum dalam Daftar Pustaka. Daftar Rujukan minimal 80% berupa pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Pustaka yang digunakan adalah sumber-sumber primer berupa artikel penelitian dalam jurnal, prosiding, seminar dan laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis dan disertasi).

Teknik Penulisan:

  1. Alinea baru dimulai pada ketikan keenam pada batas tepi kiri. Antar alinea tidak diberi tambahan spasi.
  2. Menggunakan huruf TAHOMA, Judul diketik dengan Font 15 dan di Bold, Sub Judul diketik dengan Font 12 dan di Bold, teks diketik dengan font 11. Semua kata asing dicetak dengan huruf miring. Pada artikel berbahasa inggris, huruf miring hanya digunakan untuk penulisan selain bahasa inggris dan abstrak.
  3. Batas pengetikan: tepi atas empat centimeter, tepi bawah tiga centimeter, sisi kiri empat centimeter, sisi kanan tiga centimeter.
  4. Tabel dan gambar harus diberi judul, nomor dan sumber yang jelas. Judul tabel atau gambar dicetak tebal. Judul gambar diketik rata tengah (center), diletakkan di bawah gambar beserta sumber. Judul tabel diketik rata kiri. Diletakkan di atas tabel. Sumber diletakkan di bawah gambar atau tabel dan diketik dari margin kiri
  5. Pengutipan sumber acuan dalam naskah (in text):
    1. Sumber acuan dari satu penulis.
      Contoh: (Triyuwono 2000)… atau Scott (2003:12) … atau Scott (2003:4-8)…
    2. Sumber acuan dari dua penulis.
      Contoh: (Cengel dan Boles 1994)… atau Cengel dan Boles (1994)
    3. Sumber acuan dari tiga penulis.
      Contoh: (Reid, Parson dan Green 2000)… atau Reid, Parson dan Green (2000)
    4. Sumber acuan lebih dari tiga penulis.
      Contoh (Jull et al. 2008)… atau Jull et al. (2008:5)
    5. Pengutipan penulis yang sama untuk beberapa tulisan.
      Contoh: (Scott 2003, 2004), jika pada tahun yang sama Mulawarman (2007a, 2007b)
    6. Dua atau lebih penulis.
      Contoh (Dawkins 1996; Wilmott 2000)
    7. Pengutipan acuan dari website.
      Contoh: Albanese (2009). Website tanpa tanggal, contoh: Albanese (n.d).

Daftar Rujukan:

Daftar Rujukan ditulis urut abjad, dengan perincian sebagai berikut:

  1. Artikel dalam Jurnal/Majalah: nama penulis, tahun terbit, judul tulisan (dalam tanda petik), nama jurnal/majalah (diketik miring), edisi, dan halaman.
    Contoh:
    Konstans, dan R. Ferris. 1981. “Female Turnover in Professional Accounting Firms: Some Preliminary Findings”. The Michigan CPA, Winter, hal 11-15.
  2. Buku: nama penulis, tahun terbit, judul (diketik miring), edisi, tempat terbit, nama penerbit. Misalnya:
    Ludigdo, U. 2006. Paradoks Etika Akuntan. Jogjakarta. Penerbit Pustaka Pelajar.
  3. Tulisan dalam buku: nama penulis, tahun, judul, [dalam] nama editor, judul buku (diketik miring), halaman, tempat terbit, nama penerbit.
  4. Website.
    Contoh:
    Albanese. 2009. Fairer Compensation for Travellers. Diunduh tanggal 30 Januari 2009. <http://www.minister.gov.au>.
  5. Lain-lain: ditulis sesuai kaidah penulisan ilmiah yang baik dan benar.

Setiap tulisan yang diterima redaksi akan ditelaah oleh dua orang mitra bebestari (reviewer) sesuai dengan bidang keahliannya.

Bila diperlukan, redaksi akan mengubah dan atau memperbaiki ejaan, tata tulis dan tata bahasa naskah yang dimuat tanpa merubah substansi tulisan.

Naskah dapat diserahkan langsung atau dikirimkan ke Kampus STIE Bisma Lepisi dalam bentuk hard copy (dua eksemplar) dan soft copy (dalam flashdisk/CD) atau attachment file(s) ke email:

Manajemen: hesti@lepisi.ac.id
Akuntansi : amir@lepisi.ac.id