Chairwoman

Sambutan ketua yayasan Widya Anindya

ketua yayasan Widya AnindyaEra perubahan besar sedang kita lalui, baik secara eksternal maupun internal – melalui percepatan pembangunan infrastruktur di semua wilayah nusantara – juga penyederhanaan berbagai peninjauan usaha, baik di pusat maupun daerah yang merupakan terobosan-terobosan Bapak Presiden Joko Widodo yang patut diacungkan jempol.

Lebih dari 500 peraturan sudah disederhanakan sehingga memungkinkan percepatan yang signifikan pada semua jenis usaha di pusat dan daerah, membuat kegairahan usaha menggeliat kembali.Minat investor asing pun terlihat melalui perjanjian-perjanjian bilateral yang dihasilkan dari kunjungan Presiden ke beberapa negara bersama menteri-menteri terkait dan pelaku usaha nasional.

Era persaingan MEA sudah dimulai, ditopang oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga perkembangan kebutuhan masyarakat dengan cepat dapat diprediksi dan disediakan, maka perekonomian global yang berkembang begitu cepat ditopang dengan kemajuan teknologi elektronika dan informasi, telah mengubah berbagai aspek pada kehidupan bangsa secara politik, ekonomi dan sosial.

Fenomena Pilkada melalui jalur independen heboh, demo supir taxi yang menentang taxi-taxi dan ojek yang bergabung dalam organisasi usaha yang didukung sistem aplikasi, suka atau tidak suka “era jaringan” telah menunjukkan pengaruh yang tidak bisa diabaikan.

Era crowd yang memperhadapkan para pelaku bisnis dengan kemajuan teknologi tidak bisa lagi dihindari. Tidak mungkin dan sangat lucu kalau sampai terjadi karyawan-karyawan Alfamart dan Indomart berdemo untuk meminta pemerintah menghentikan semua kegiatan “jualan online” dan perusahaan seperti “Tokopedia” dan yang sejenisnya harus ditutup.

Dalam waktu singkat pasti pemerintah akan menyusun regulasi ekonomi digital yang berdaya saing kalau Indonesia tidak mau tertinggal atau ditinggalkan. Pemerintah akan menggenjot potensi ekonomi digital terutama start up. Presiden Jokowi sudah menyampaikan bahwa kenyataan ekonomi memang pahit dan tidak menyenangkan, dan berjanji akan menyempurnakan 3000 regulasi yang menghambat percepatan ekonomi, jadi perubahan akan terus terjadi.

Pada periode yang rawan inilah generasi baru para Sarjana yang relatif masih muda dan tanpa pengalaman harus melangkah keluar kampus karena telah selesai masa belajar, diwisuda dan terjun ke dalam dunia usaha yang nyata.

Bangunlah “karaktermu” dan tingkatkan “kapasitas” serta “tanggung jawabmu” karena kelak hal itulah yang akan mengantarkanmu ke jenjang karier yang lebih baik dan melewati tantangannya yang semakin berat.

Kami para Dosen dan Civitas Akademika hanya dapat mengantarkan dengan do’a agar Anda dapat meraih yang terbaik dan dapat dibanggakan orang tua, rekan alumni, civitas akademika dan masyarakat.

Selamat berjuang dan meraih sukses.

Ketua Yayasan